Jumat, 23 November 2012

SELAMATKAN ATAU MENJADI BENCANA


                                                SELAMATKAN ATAU MENJADI BENCANA

    GO Green, Kalian semua pasti pada tahu masa' sich kalian belum tahu tentu kalian pasti pada tahu? nah, makanya di postingan kali ini saya ingin mengingatkan betapa pentingnya konsep hijau ini semuanya berawal dari masalah Global Warming yang berakibat terjadinya perubahan iklim cukup drastis bahkan kadang membawa bencana seperti badai yg terjadi di haiti 2008 silam nah, klo kalian merasa akhir2 ini cuaca di negara kita ini ngak karuan itu bukan tanpa sebab. Polusi kendaraan dan pabrik, sampah plastik, dan limbah industri, penggunaan listrik dan air berlebihan sampai pembangunan gedung bertingkat merupakan salah satu trigger bencana alam yang terjadi di sekitar kita.Sekarang Coba kita bayangkan klo ES di utara bumi semuanya mencair tidak ada lagi tempat bersembunyi kalian semua pasti pernah nonton film 2012 yang lagi tenar2nya, Nah seperti itulah kemungkinan yang akan terjadi kalo kita masih cuek sama keselamatan bumi kita.

Cara memelihara lingkungan alam
1.Tumbuh-tumbuhan yang hidup di hutan dan pegunungan dapat berfungsi untuk melestarikan air, udara dan tanah. Akar tumbuhan berfungsi menahan air, sehingga tidak akan terjadi banjir dan erosi pada saat hujan deras. Erosi dan banjir akan mneyebabkan lapisan tanah paling atas akan hanyut, padahal lapaisan tanah paling atas adalah yang paling subur. Hutan juga disebut paru-paru dunia.

2.Udara sangat penting bagi kehidupan manusia. Setiap mahluk hidup memerlukan udara terutama untuk bernafas. Udara perlu dijaga kebersihannya. Asap pabrik atau gas buangan kendaraan bermotor dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara.Untuk mengurangi hal tersebut bisa dengan menggunakan cerobong udara di pabrik-pabrik besar atau untuk kendaraan bermotor dengan menciptakan mesin-mesin berbahan bakar organik. Untuk mengurangi terjadinya pencemaran udara sebaiknya di kanan-kiri jalan raya ditanami pohon. Kamu juga harus ikut serta menjaga kebersihan udara. 

3.Tanah merupakan tempat hidup bagi mahluk hidup. Semua hasil perkebunan, pertanian, pertambangan dan hasil bumi lainnya berasal dari tanah. Tanah yang subur dapat menghasilkan tanaman yang baik. Tanah yang tandus perlu diolah agar menjadi subur. Sampah dari daun bagus untuk meningkatkan kesuburan tanah (kompos). Untuk menjaga kelestarian tanah, tanamilah tanah kosong di sekitarmu agar tidak menjadi tandus. Gunakan selalu pupuk oragnik agar unsur hara dan kesuburan tanah terjaga. Contoh sampah organik daun-daun (kompos), sisa-sisa makanan dan sebagainya.

Nah Jangan Lupa kalau jarak tempuh untuk berpergian yang dekat sebaiknya kita menggunakan sepeda aja untuk mengurangi polusi juga . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar