Jumat, 23 November 2012

PERMATA BUNGBULANG - GARUT


Kecamatan bungbulang adalah sebuah kecamatan sebelah selatan pulau jawa dan masih termasuk wilayah kabupaten garut.Sumber daya alam di kecamatan ini terbilang melimpah namun SDM pengolahnya belum mampu memanfaatkan dengan baik, terlebih perhatian pemerintah yang sangat kurang dalam berbagai hal. Misalnya saja sarana fisik, pendidikan, pembangunan sarana umum dll.
Kecamatan Bungbulang memiliki berbagai SDA yang sangat potensial untuk dikembangkan seperti halnya Batu Alam atau orang lebih mengenalnya dengan BATU BUNGBULANG lihat gambar di bawah ini

Potensi lain di kecamatan bungbulang adalah pasir besi, batu bara dan emas serta berbagai potensi SDA lain yang belum tergali.
Dari segi potensi wisata di kecamatan bungbulang banyak memili Hutan yang belum terjamah tangan jahil, air terjun sungai alir deras gunung dll. Kesenian mungkin orang mengenalnya ada kesenian HADRO dll. Makanan mungkin warga jawa barat mengenal OPAK dari ciparay bandung, tapi coba jika kita berkunjung ke bungbulang mungkin anda akan tahu bahwa sebenarnya OPAK itu dari bungbulang, memang banyak yang meniru tapi rasa dan kualitas takkan mampu menandingi rasa renyahnya OPAK bungbulang. wajit adalah sejenis makanan campuran terigu dan bahan lainnya,rasanya manis dan jika anda mencoba mungkin anda tak bisa lupa dengan bungbulang. Sale adalah makanan yang terbuat dari pisang (Cau) yang di jemur ini pun merupakan makanan yang sangat enak, manis dan terasa alami sekali.
mungkin itu sedikit gambaran tentang kecamatan bungbulang ini,yang katanya mau memisahkan diri dari kabupaten garut,menjadi kabupaten garut selatan.

1 komentar:

  1. benar sekali gan. ane sendiri asli dari bungbulang. memang saat in SDM di bungbulang masih belum mampu mengelola sumber daya alam yang melimpah.namun salah satu yang menjadi daya tarik adalah Batu permata Bungbulang yang menjadi sangat tersohor. salam kenal aja gan. termikasih telah meriview bungbulang

    BalasHapus