Jumat, 19 Oktober 2012

Hal Yang Sepele Dalam Bahasa Inggris

Hehehe Kenapa tulisan saya kali ini judul nya begini ya... ?? Saya selaku penulis nya saja bingung kenapa bisa kepikiran menulis tulisan seperti ini. Tulisan ini bukanlah sebuah tulisan yang memiliki manfaat yang banyak. Namun hanyalAh buat pancingan nalar kenapa dalam Grammar bahasa Inggris banyak yang unik yang mungkin saja lupa dan tidak terlalu kepikiran oleh banyak orang baik pemula ataupun tingkat menengah. Dan saya menulis tulisan ini tidak ada sedikitpun rasa yang mungkin saja membuat Anda menilai saya sok tau atau apalah nama nya. Ini hanyalah sedikit pengalaman pribadi yang sekitar empat tahun yang lalu. Pengalaman ini saya peroleh dari kegiatan saya yang keseharian nya mengajar di salah satu kursus bahasa Inggris di Kampung halaman saya. Alhamdulillah, Pada waktu itu saya dipercayakan untuk memegang satu kelas. Saya pernah membuka pembicaraan dengan pertanyaan sederhana. Seperti saya menanyakan kata "siapa" dalam bahasa Inggris. Bisa dikatakan semua peserta pelatihan yang saya tangani menjawab nya dengan jawaban "Who." Mungkin Anda yang sedang membaca tulisan ini juga akan menjawab dengan kata Who. Ya, Jawaban peserta pelatihan yang saya tangani dan jika Anda menjawab dengan jawaban nya sama,Jawaban tersebut memang benar ada nya. Who memang memiliki arti kata siapa dalam Bahasa Inggris. Namun demikian, Apakah bahasa Inggris nya dari kalimat dibawah ini..?? Siapakah nama Anda? Saya rasa ini adalah kalimat sederhana yang pertama kali yang dikenalkan oleh guru Anda kepada Anda dalam beajar bahasa Inggris. Semua orang sudah mengetahui kalau kalimat diatas dalam bahasa Inggris nya adalah "What is your name?" Nah,Pertanyaan saya yang sekarang ini adalah kenapa kata penanya yang dipakai dalam kalimat siapa nama kamu "What"? Sementara dalam kamus pada umum nya What dalam bahasa Indonesia adalah Apa dan Who memiliki arti Siapa. Inilah salah satu contoh hal yang sepele namun memerlukan jawaban yang logis dan mengacu dalam pemakaian tata bahasa atau grammar yang benar dalam bahasa Inggris. Bisakah Anda menjawab pertanyaan lanjutan saya tersebut? Anda pasti bisa menjawab pertanyaan tersebut. Saya sangat percaya kepada Anda pasti Anda punya jawaban yang masuk akal. Kalimat Siapa nama kamu adalah salah satu dari banyak kalimat yang unik dalam Bahasa Inggris. Apapun jawaban Anda mengenai kasus diatas, saya harap ada rujukan nya pada penjelasan berikut ini. Penjelasan Singkat Intereogative Pronoun (Kata Ganti Penanya) Interogative pronoun biasanya sering disebut dengan kata penanya atau Question Word. Namun saya cendrung menyebut nya dengan kata Interogative Pronoun. Kedua perbedaan itu hanyalah merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang digunakan sesepuh untuk mempermudahkan kita dalam belajar. Apapun istilah nya yang penting minumnya tetap teh botol kuda liar nyosor. :D Berikut contoh dari kata penanya tersebut : * What (berfungsi untuk menanyakan nama dari suatu benda) * Who (Berfungsi untuk menanyakan orang sebagai subjek) * Whom (Berfungsi menanyakan orang sebagai objek) * Whose (Berfungsi menanyakan kepunyaan atau kepemilikan dari suatu benda) * Which (Berfungsi menanyakan pilihan) * Why (Berfungsi menanyakan alasan) * When (Berfungsi menanyakan tentang waktu) * How (Berfungsi menanyakan tentang kondisi dari suatu benda) Kita kembali ke pokok permasalahan kenapa dalam kalimat siapa nama kamu kata penanya yang dipakai adalah what. Mari kita telaah sedikit mengenai kata tersebut. Apakah yang dipertanyakan dalam kalimat siapa nama kamu tersebut? Opsi Menanyakan “Siapa Kamu”? Menanyakan Nama Kamu.? Dari dua opsi diatas, bisa disimpulkan hal yang ditanyakan dalam kalimat tersebut adalah sebuah nama. Nama tergolong kedalam kata benda (Noun). Nama bukanlah orang sebagai subjek atau pun objek. Jadi berdasarkan prinsip diataslah kata penanya yang tepat adalah What. Karena What berfungsi menayakan nama dari suatu benda. Mencari arti kata dalam bahasa Inggris harus sesuai dengan fungsi kata. Nah, Sudahkan Anda mengetahui masing-masing dari fungsi kata dalam kalimat atau kelompok kata dalam bahasa Inggris?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar